Syiar Muktamar ke-48, PDM Kota Yogyakarta Gelar Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Majelis Pembina Kesehatan Umum (MPKU) dan Majelis Pelayanan Sosial (MPS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Yogyakarta pada Sabtu (22/10) menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah dan Pemeriksaan Kesehatan Gratis dalam rangka Syiar Muktamar ke-48 Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah sekaligus mewujudkan kepedulian Muhammadiyah di bidang kesehatan serta sosial kemasyarakatan.

Kegiatan dilaksanakan bekerja sama dengan Universitas Aisyiyah Yogyakarta (Unisa), RS PKU Muhammadiyah Kotagede dan RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Yogyakarta, serta Kalbe Farma.

Suparto selaku Wakil Ketua PDM Kota Yogyakarta pemerhati MPS menyampaikan terima kasih kepada PMI Kota Yogyakarta untuk kegiatan Donor Darah serta kepada Unisa, PKU Yogyakarta, PKU Kotagede dan Kalbe Farma yang berperan aktif dan memberikan dukungan perawat, dokter, pemeriksaan dan obat-obatan.

Ia juga menambahkan, “kegiatan terlaksana dengan baik dan sesuai target diikuti di ikuti oleh sekitar 160 orang, harapannya bisa dilanjutkan untuk masa yang akan datang karena sangat bermanfaat untuk masyarakat”.

Kegiatan ini merupakan program kerja rutin MPKU dan MPS PDM Kota Yogyakarta periode 2015-2020 dalam membantu pemerintah meningkatkan pelayanan kesehatan untuk lanjut usia (lansia) serta meningkatkan dan mewujudkan semangat kepedulian terhadap sesama.

Ketua PDM Kota Yogyakarta, Akhid Widirahmanto menyampaikan bahwa kegiatan donor darah dan pemeriksaan kesehatan bagi lanjut usia ini bisa untuk meringankan beban warga Muhammadiyah dan masyarakat umum. “Khususnya di bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan, MPKU dan MPS merupakan kepanjangan tangan dari PDM Kota Yogyakarta yang bergerak dalam bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan,” ujarnya.

Ia menambahkan bahwa PDM Kota Yogyakarta berperan aktif dalam upaya pemenuhan akses pelayanan kesehatan lansia yang berkualitas “Salah satu indikator keberhasilan pembangunan adalah semakin meningkatnya usia harapan hidup penduduk, yang menyebabkan jumlah penduduk usia lanjut usia terus meningkat dari tahun ke tahun,” pungkas Akhid. (rakhma/sb)

sumber: https://suaraaisyiyah.id/

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.