Loka Karya Pengkajian Risiko Bencana MDMC Kota Yogyakarta

Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Yogyakarta mengadakan Lokakarya Pengkajian Risiko Bencana pada Ahad 3 Desember 2023 di Aula Masjid Islamic Center Universitas Ahmad Dahlan (UAD). 

Mengusung tema “Sinergi Persyarikatan, Wujudkan Resiliensi Bencana,” kegiatan ini bertujuan untuk menyamakan persepsi terkait kebencanaan dan membangun sinergi persyarikatan guna penanggulangan risiko bencana.

Memberikan sambutan pada acara tersebut Ketua MDMC Kota Yogyakarta, Arifudin Nur Rahman dan Aris Madani selaku Ketua PDM Yogyakarta dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini. Walaupun sempat ada perubahan jadwal, tetapi ia mengaku takjub hal itu tidak menyurutkan semangat para peserta untuk hadir. 

Aris menyampaikan, Muhammadiyah, khususnya MDMC sudah sepatutnya mengantisipasi dan mempersiapkan diri menghadapi hari esok, utamanya terkait bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi. Salah satu ijtihad dan tajdid, menurut Aris, ialah dengan mengenal bencana dan risikonya serta berupaya menanggulangi dan mengeliminasi hal tersebut. “Ini namanya menerapkan Islam Berkemajuan,” lanjutnya.

Di hadapan sekitar 100 peserta, Rahmawati Husein selaku pemateri pertama menyampaikan terkait dasar-dasar bencana. Saat sesi brainstorming berlangsung, ternyata masih beragam persepsi peserta terkait apa itu bencana. Oleh karenanya, ia juga menggaris bawahi pentingnya penyamaan persepsi guna menyusun manajemen bencana. 

Terdapat tiga kategori manajemen bencana yang disampaikan Ketua Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat (LLHPB PP) ‘Aisyiyah tersebut, yaitu pada pra bencana, saat bencana, dan pasca bencana. Pada pra bencana, dilakukan manajemen risiko bencana, mitigasi, dan kesiapsiagaan. Sementara saat bencana dilakukan manajemen kedaruratan, dan manajemen pemulihan pada pasca bencana.

Senada dengan Rahmawati, Kepala Pusat Studi Mitigasi dan Penanggulangan Bencana UAD sekaligus pemateri kedua, Anang Masduki menyampaikan bahwa persepsi seseorang terhadap bencana menentukan respon yang akan dilakukan. “Termasuk mengubah penanggulangan menjadi resiliensi itu membangun imunitas. Jadi kalau ada bencana sudah tangguh,” katanya.

Ia juga menekankan terkait pentingnya One Muhammadiyah One Resilience (OMOR) sebagai implementasi fikih kebencanaan yang telah dicanangkan Muhammadiyah. Dengannya semua warga Muhammadiyah sadar akan bencana, sehingga kemudian terbentuk Jamaah Tangguh Bencana.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.