“MENCERAHKAN DAN MEMAJUKAN GENERASI BANGSA”

TIM PENGABDIAN DOSEN UAD MEMBERIKAN PELATIHAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS(PTK) DALAM RANGKA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU DI SPM MUHAMMADIYAH 10 YOGYAKARTA

“Mencerahkan dan Berkemajuan” itulah Muhammadiyah, selalu berada terdepan dalam membangun dan mencerahkan serta memajukan umat, sebagaiman yang telah dilakukan oleh tim Dosen UAD dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta, pada hari Selasa tanggal 2 Januari 2024. SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta merupakan bagian dari Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) dalam bidang pendidikan dasar dan menengah (DIKDASMEN), yang memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi siswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, berkemajuan dan unggul, menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Namun sebagai lembaga pendidikan tentunya ada permasalahan-permasalahan yang di hadapi oleh guru agar menjadi profesional di bidangnya. Mengingat akan pentingnya  standar  kualitas  profesional  guru untuk  menjamin  proses  belajar  mengajar dan   hasil   belajar   yang   berkualitas.   

Pengembangan   standar   kompetensi   profesional   guru memerlukan  pemikiran  sistem  yang  mendasar  dan  sistematis  serta  upaya  yang  konsisten  dan berkesinambungan. Oleh karena itu, guru yang berkualitas dapat membantu siswa membangun pola berpikir inovatif dan berkontribusi pada generasi yang lebih baik. PTK  adalah  proses  di  mana  seorang  guru  mengidentifikasi  masalah  dalam  konteks kelasnya  sendiri  dan  kemudian  terlibat  dalam  metode  investigasi  untuk  mengatasi  masalah tersebut. Pembelajaran  menjadi  lebih  bermakna  bagi  guru dan siswa dalam mata  pelajaran. Untuk  diamati  secara  langsung  dalam praktik  kelas,  kesadaran guru  sekolah  untuk  menjadi  pengajar  profesional meningkat. 

Menyikapi hal ini ketua pelaksana Dr. Yusutria, S.Pd.I, M.A, Sutipyo,R, S.Ag, M.Si, didampingi Sabri, S,Sn, M.Sn, dan Dr. Abdul Hopid, M.Ag, beserta tim dari mahasiswa melakukan kegiatan “Pengabdian Kepada Masyarakat” (PKM) yang didanai oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Tujuan kegiatan ini adalah lahirnya tenaga guru yang kompeten dalam penulisan karya ilmiah, penelitian tindakan kelas dan menghasilkan  produk artikel PTK serta mampu meningkatkan mutu pendidikan di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 10 Muhammadiyah Yogyakarta.

Kegiatan dilaksanakan  di Sekolah Menengah Pertama (SMP) 10 Muhammadiyah Yogyakarta dan dihadiri lansung oleh kepala sekolah bu Esti Priyantini, S.S., M.Pd, BI beserta seluruh guru yang sangat antusias untuk mengikuti kegiatan ini. Kegiatan workshop Penelitian  tindakan  kelas (PTK) ini  sebagai  tindakan  untuk  mengembangkan  kualitas  pengajaran mereka  bukan  untuk  mendapatkan  penghargaan  pemerintah. Pelatihan di upayakan   agar guru dapat   menguraikan   yakni:

1) menulis latar belakang masalah

2) merumuskan masalah

3) menulis tinjauan pustaka

4) penulisan metodologi penelitian

5) menulis hasil penelitian dan pembahasan

6) menulis kesimpulan, saran dan daftar pustaka

7) penulisan abstrak dan daftar pustaka. 

Kegiatan pelatihan  penulisan  PTK  dapat  membantu  kesulitan  guru  dalam menulis.  Kesulitan  kedua  yang  ditemui  guru  adalah  meramu  PTK  menjadi  artikel  yang  layak terbit  sebagai  sebuah  karya  ilmiah. Guru  dapat  mengevaluasi  kelas  mereka  dalam  kegiatan sehari-hari mereka di sekolah. Kegiatan pengabdian  kepada  masyarakat  yang  dilaksanakan  diharapkan  dapat  memberikan  manfaat dalam  upaya  guru  meningkatkan  kualitas  pemahamannya  tentang  penelitian  tindakan  kelas, sehingga  dapat  meningkatkan  keterampilannya  dalam  melakukan  kegiatan  penelitian.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.