Tingkatkan perhatian stakeholder LPB adakan Lomba Sekolah Siaga Bencana

PDMJOGJA.ORG – Kotagede, Dalam rangka meningkatkan perhatian dari stakeholder sekolah Muhammadiyah terhadap kesiapsiagaan bencana Lembaga Penanggulangan Bencana (LPB / MDMC) PDM Kota Yogyakarta mengadakan Lomba Sekolah Siaga Bencana (SSB) pada hari Kamis 11 Mei 2017 di SMP Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Lomba ini diikuti oleh SMP dan SMA Muhammadiyah se kota Yogyakarta dengan tiga cabang lomba yaitu lomba Bongkar Pasang Tenda, lomba P3K, dan lomba Peta Sekolah Siaga Bencana.

Lomba ini diawali dengan apel pagi yang dipimpin oleh pembina LPB PDM Kota Yogyakarta yaitu Bapak Nur Ahmad Gojali, M.A. Dalam pengarahannya, Bapak Nur Ahmad Gojali, M.A menyampaikan kegembiraannya karena walaupun kegiatan ini baru pertama kali diadakan di PDM Kota Yogyakarta tetapi jumlah peserta sudah banyak. “kita bersyukur bahwa sekolah – sekolah peduli terhadap bencana yang kita tidak tahu kapan akan terjadi sehingga harus disiapkan betul” ungkap beliau.

Lebih lanjut pembina LPB PDM Kota Yogyakarta ini menyampaikan tujuan dari kegiatan ini agar disekolah ada tim yang memang punya keterampilan untuk bisa mengajarkan kepada temannya yang lain ketika menghadapi bencana.

Dan yang paling penting adalah ruh muhammadiyah itu sendiri yaitu muhammadiyah lahir untuk membantu dan menolong bagi orang yang lemah dan kesulitan. Disinilah sebenarnya akan melahirkan relawan-relawan Muhammadiyah. Anak-anak kan tidak terus berada di sekolah, mereka yang miliki keterampilan dari sekolahnya dapat ditularkan di wilayahnya/masyarakat sehingga wilayahnya/kampungnya menjadi tanggap bencana” ungkap Bapak Nur Ahmad Ghozali saat menutup pengarahannya.

Pada sambutannya Subhi Waltono selaku Ketua LPB PDM Kota Yogyakarta menambahkan kegiatan ini juga bertujuan agar siswa menjadi terbuka wawasan akan bencana dan kegiatan ini pun bentuk aplikasi kurikulum 2013 dengan pendekatan lomba sekolah siaga bencana.

Dalam pelaksanaan SSB peserta sangat antusias mengikuti acara dari awal hingga akhir kegiatan. Pada akhir kegiatan, Lomba SSB ini ditutup dengan hiburan dan pemaparan materi dari Bunda Marta selaku ketua Forum Organisasi Relawan Kota Yogyakarta.

Pada SSB tahun 2017 ini yang mendapat predikat sebagai Juara umum tingkat SMP adalah SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta sedangkan untuk tingkat SMA adalah SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Tim  SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berfoto bersama Trofi Juara Umum.
Tim SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta berfoto bersama Trofi Juara Umum.

Tim  SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berfoto bersama Trofi Juara Umum.
Tim SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta berfoto bersama Trofi Juara Umum.

Ketua LPB PDM Kota Yogyakarta Memberikan Trofi Juara Umum Tingkat SMP ke SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Ketua LPB PDM Kota Yogyakarta Memberikan Trofi Juara Umum Tingkat SMP ke SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta.

Ketua LPB PDM Kota Yogyakarta Memberikan Trofi Juara Umum Tingkat SMA ke SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.
Ketua LPB PDM Kota Yogyakarta Memberikan Trofi Juara Umum Tingkat SMA ke SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta.


Kotributor : Satria Majid Jatmiko
Gambar Tingkatkan perhatian stakeholder LPB adakan Lomba Sekolah Siaga Bencana
Jurnalis Jamaah
Jamaah Muhammadiyah (pimpinan, anggota, simpatisan dan pegawai) yang mengirim artikel dan berita ke redaksi Majalah Mentari dan PDMJOGJA.ORG. Artikel dan berita ini ditulis oleh penulis lepas / kontributor tidak tetap | Artikel dan berita yang ditulis adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi. Untuk mengirim tulisan silahkan kunjungi link berikut : pdmjogja.org/kirim-tulisan/.

UPDATE

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...