Tingkatkan gerakan akar rumput, UAD dan PDM Kota Yogyakarta sosialisasikan pelaksanaan KKN Alternatif di 3 Cabang

PDMJOGJA.ORG – Mergangsan, Salah satu masalah laten dalam pelaksanaan program di tingkatan akar rumput Muhammadiyah (Cabang dan ranting) di Kota Yogyakarta adalah kurangnya sumber daya manusia untuk menjadi pelaksana program tersebut. Sebagai salah satu cara untuk menyelesaikan masalah tersebut perlu dibangun kerjasama dengan berbagai elemen Muhammadiyah yang terdapat di Kota Yogyakarta salah satunya adalah Perguruan Tinggi Muhammadiyah dengan melaksanakan program KKN (Kuliah Kerja Nyata) di cabang dan ranting Muhammadiyah.

Dengan beberapa pertimbangan diatas maka salah satu Perguruan Tinggi Muhammadiyah di Kota Yogyakarta, yaitu Univesitas Ahmad Dahlan (UAD) secara rutin menggelar KKN alternatif di cabang dan ranting Muhammadiyah se Kota Yogyakarta. Periode KKN alternatif terdekat adalah angkatan ke 59 yang akan dilaksanakann selama 60 (enam puluh) hari dari tanggal 28 Maret – 24 Mei 2018 yang akan dilaksanan di PCM Gedongtengen, Gondokusuman dan Gondomanan.

Acara sosialisasi dan teknik pelaksanaan KKN UAD untuk PCM Gedongtengen, Gondokusuman, & Gondomanan
Acara sosialisasi dan teknik pelaksanaan KKN UAD untuk PCM Gedongtengen, Gondokusuman, & Gondomanan

Untuk memperlancar proses KKN alternatif tersebut maka pada hari Sabtu, 24 Februari 2018 diadakan sosialisasi dan teknik pelaksanaan KKN UAD. Acara tersebut dilaksanakan di AULA PDM Kota Yogyakarta dengan mengundang 3 (tiga) PCM yang akan dijadikan lokasi KKN Alternatif. Sosialisasi menghadirkan DR. Rina Ratih sebagai kepala unit KKN UAD.

Pada sambutan PDM Kota Yogyakarta yang diwakilkan oleh Bapak Nur Ahmad Ghozali mennyampaikan harapannya agar PCM, PRM, Takmir bisa memanfaatkan kehadiran KKN UAD untuk membantu program – program yg kurang / belum bisa berjalan. Lebih lanjut beliau juga meminta pengertian pada cabang bahwa tidak semua Mahasiswa berasal dari keluarga Muhammadiyah.

Dalam sosialisasi tersebut DR. Rina Ratih menyampaikan bahwa KKN UAD alternatif akan dilaksanakan selama 60 hari dimulai pukul 15.00 – 20.00. Lebih lanjut DR. Rina Ratih menyampaikan bahwa pusat kegiatan KKN (posko) berlokasi di masjid dengan pembagian PCM Gondomanan 12 posko, PCM Gedongtengen 9 posko dan PCM Gondokusuman 9 posko. Harapan beliau semoga dalam kegiatan KKN UAD kali ini mahasiswa dapat melibatkan seluruh lapisan masyarakat, takmir, RT / RW dan PRM / PCM.

Gambar Tingkatkan gerakan akar rumput, UAD dan PDM Kota Yogyakarta sosialisasikan pelaksanaan KKN Alternatif di 3 Cabang
Farid Zuhdi
Bagian pengembangan website PDMJOGJA.ORG, Sekretaris Majelis Pustaka Informasi PDM Kota Yogyakarta periode 2015 - 2020, Reporter PDMJOGJA.ORG

UPDATE