SMA MUHA Luncurkan Perpustakaan Berbasis Android

PDMJOGJA.ORG – Umbulharjo, Perkembangan teknologi informasi di dunia pendidikan ditandai dengan perkembangan literatur akademik berbasis elektronik, E-Book. Dengan dukungan jaringan internet yang semakin luas, budaya literasi akademik dapat diarahkan pada perwujudan perpustakaan daring dengan mengembangkan aplikasi berbasis mobile android.

Dinamika di bidang teknologi inilah yang menjadi motivasi bagi SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta untuk meningkatkan fasilitas pendidikan berbasis teknologi informasi. Hal tersebut diwujudkan dalam penyediaan layanan aplikasi perpustakaan berbasis mobile Android. Layanan tersebut telah diluncurkan dalam sesi Workshop Manajemen Perpustakaan Digital dan Launching Aplikasi Perpustakaan Berbasis Mobile Android (Mlibsys) (14/1) di ruang Meeting Room SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Adapun aplikasi ini bersifat terbuka bagi kalangan internal maupun eksternal SMA Muha. Untuk mendapatkan aplikasi tersebut, pengguna dapat mengunduh seecara gratis melalui aplikasi “Play Store” pada telpon pintar Android kemudian menuliskan nama “mLibsys Muha” pada ruang pencarian.

Dalam sambutannya, Selamet Purwo, Kepala Sekolah SMA Muh 2, menyampaikan bahwa dengan raihan prestasi juara 2 perpustakaan terbaik di DIY, Muha akan berkomitmen untuk mengembangkan layanan perpustakaan khususnya pada aspek fasilitas teknologi informasinya.

Peluncuran Aplikasi mLibsys Muha dihadiri oleh Ketua Dikdasmen PWM DIY Arief Budiharjo, Ketua MPI PWM DIY Robby Habiba Abror, dan Kepala Perpustakaan UIN SUKA Labibah Zain sekaligus sebagai pembicara worksshop meningkatkan aksesibilitas melalui perpustakaan digital.

Arif Budiharjo mendorong agar sekolah Muhammadiyah terus berkompetisi dalam meningkatkan layanan pendidikan mereka, bahkan harus melebihi pencapaian sekolah- sekolah negeri. “Muha diharapkan mampu mengikuti pencapaian yang diraih oleh SMA Muhi sebagai juara 1 perpustakaan nasional.” Ujar Arif.

Sementara itu Robby H Abror menekankan agar sekolah Muhammadiyah mendukung jargon Muhammadiyah sebagai gerakan berkemajuan “al-harakah at-taqoddumiyah” melalui peningkatan mutu perpustakaan (maktabah), Pustakawan (Amiinu al-Maktabah), dan Ilmuan (Ulama). “Hal ini hanya dapat dilakukan melalui daya juang dan ijtihad keilmuan dengan teknologi informasi. Ujar dosen Ushuludin tersebut.(masfu)

Stake Holder Menyampaikan Sambutan Peluncuran Aplikasi
Stake Holder Menyampaikan Sambutan Peluncuran Aplikasi

Gambar SMA MUHA Luncurkan Perpustakaan Berbasis Android

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...

Artikel Terkait