Rahasia Kepemimpinan Rasulullah

Yunahar Ilyas Sampaikan Materi Pengajian

PDMJOGJA.ORG-Pakualaman, Selain sebagai seorang rasul, Nabi Muhammad adalah juga seorang pemimpin, baik pemimpin sosial maupun politik. Ia dikenal sebagai pemimpin umat Islam yang sukses mengantarkan Islam menuju puncak peradabannya. Keberhasilan kepemimpinan Rasulullah ini banyak dijadikan sebagai referensi ilmiah sekaligus inspirasi bagi pemimpin- pemimpin besar di era modern sekarang.

Apa sebenarnya rahasia keberhasilan kepemimpinan Rasulullah SAW? Buya Prof. Yunahar Ilyas, wakil ketua PP. Muhammadiyah, mengatakan terdapat empat rahasia keberhasilan kepemimpinan Rasulullah Muhammad SAW. Pertama, bimbingan wahyu. Wahyu adalah panduan pokok nabi Muhammad dalam mengambil setiap keputusan yang termanifestasikan dalam bentuk al-Quran dan al-Hadist. Dengan demikian, tindakan dan ucapan Rasulullah selalu dipandu oleh wahyu dari Allah SWT. Kedua, akhlak mulia yang selalu ia contohkan kepada umatnya. Secara garis besar, akhlak beliau meliputi Sidiq atau berintegritas, Amanah atau kredibel, Tabligh atau komunikatif, dan Fatanah atau inspiratif. Ketiga, satu antara kata dan perbuatan, keempat adalah bermusyawarah dalam mengambil keputusan.

Prasaran tersebut disampaikan oleh Prof. Yunahar Ilyas dalam kesempatan pengajian pimpinan yang diadakan hari Sabtu (11/2) bertempat di Aula PDM Kota Yogyakarta. Pengajian pimpinan ini merupakan agenda terbaru PDM yang dihadiri oleh Pimpinan PDM, Ketua Majelis dan Lembaga, kepala sekolah, dan Ketua Cabang dan Ranting se kota Yogyakarta.

Pengajian ini diagendakan mengingat selama ini PDM belum memiliki pengajian yang dikhususkan bagi pimpinan PDM, PCM, amal AUM sesuai dengan AD/ART Muhammadiyah. Pengajian ini akan diadakan setiap hari Sabtu pekan pertama.

Yunahar Ilyas Sampaikan Materi Pengajian

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.