PDPM Jogja pandu SMA Muhammadyah 3 Surabaya Kunjungi Kauman

PDMJOGJA.ORG – Kauman, Pertengahan bulan Januari 2017 kemarin SMA Muhammadiyah 3 Surabaya mengadakan wisata sejarah ke kampung Kauman yang dipandu oleh pemandu dari Muhammadiyah heritage trip (MHT) PDPM Jogja.

Rombongan tertarik melakukan wisata sejarah tersebut setelah tim MHT mengirimkan brosur penawaran paket wisata sejarahnya kepada Bapak Hadi Ul Ihsan selaku Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Wisata sejarah di kauman dilaksanakan pada hari kamis, 19 Januari 2017. Rombongan SMA Muhammadiyah 3 yang terdiri dari rombongan kelas XII dijemput oleh pemandu dari MHT di BLK PAY Notoprajan dan kemudian berjalan kaki bersama menuju objek wisata sejarah.

Acara dimulai dengan menyelusuri Kauman, karena di sanalah lahirnya Muhammadiyah berasal. Ditengah-tengah perjalanan pemandu memberikan penjelasan mengenai sejarah lahirnya Muhammadiyah, nama-nama tempat yang dikunjungi dan fungsi gedung ketika Muhammadiyah berdiri. Harapannya dengan belajar sejarah Muhammadiyah dengan wisata sejarah semacam diatas, generasi penerus Muhammadiyah lebih mudah mengerti dan memaknai sejarah Muhammadiyah.

“Karena kami melihat banyak generasi muda Muhammadiyah yang belum mengerti mengenai sejarah Muhammadiyah padahal kalau itu diajarkan kepada generasi muda Muhammadiyah pastinya mereka akan paham mengenai jati diri mereka dan mereka akan banyak belajar dari Tokoh-tokoh pendiri Muhammadiyah,” kata Kepala Sekolah SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.

Bapak Kukuh, guru yang membidangi Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab menambahkan, “Mengapa kami rela dari Surabaya menuju ke Yogyakarta karena kami melihat bahwa Yogyakarta adalah Ibukotanya Muhammadiyah dan kami juga berusaha memperlihatkan sejarah berdiri Muhammadiyah di Kampung Kauman lewat blusukan ini. kami harapkan juga adanya penjelasan lebih dari pemandu kepada anak didik kami agar mereka mengerti mengenai Muhammadiyah lewat Kampung tempat lokasi berdirinya Organisasi terbesar di Indonesia ini”.

Rombongan SMP Muhammadiyah 3 Surabaya berpose di Masjid Gede Kauman
Rombongan SMP Muhammadiyah 3 Surabaya berpose di Masjid Gede Kauman

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...

Artikel Terkait