MUHDASA Selenggarakan ‘Purna Siswa’ 2016

PDMJOGJA.ORG – Gondokusuman, Momen kelulusan UN adalah saat yang dinanti setelah 3 tahun menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Pertama. Perjuangan yang tidak sedikit diiringi dengan usaha, do’a, dan dukungan dari orang-orang tercinta selama menempuh ujian. Begitu banyak cara untuk merayakan kelulusan, di era modern kelulusan sering disalah artikan dengan kegiatan yang cenderung negatif, seperti corat-coret seragam, konvoi menggunakan sepeda motor yang justru membahayakan keselamatan mereka sendiri. Jangan sampai momen penting yang seharusnya disambut dengan suka cita berubah menjadi air mata karena terjadi hal yang tidak diinginkan. Ingatlah Nak, jika kelulusan ini bukanlah akhir dari masa belajar kalian, tetapi gerbang awal untuk memulai tangga kehidupan yang lebih tinggi dengan tanggung jawab yang lebih besar.

Usia remaja dapat dikatagorikan sebagai masa di mana psikis dan emosional belum stabil sehingga sangat mudah terpengaruh dengan lingkungan dan teman sepermainan. Arahan, bimbingan, kerjasama dari sekolah dan orang tua sangat diperlukan untuk mengarahkan memaknai kelulusan ke arah yang lebih bermanfaat dan positif. Memang berbagai cara dapat dilakukan untuk merayakan kelulusan, tetapi alangkah lebih baik jika kita mensyukuri nikmat kelulusan dengan cara yang bijak. Pengumuman kelulusan bertepatan dengan bulan suci Ramadhan merupakan suatu berkah karena dapat mengurangi tindakan atau risiko yang tidak diharapkan. Pengendalian diri tentu saja akan lebih terjaga dan terkontrol.

MUHDASA sebagai salah satu sekolah Muhammadiyah yang memiliki slogan ‘Membangun Talenta Mendidik dengan Hati’ siap menciptakan generasi prestasi dengan budi terpuji mencari alternatif untuk mengantisipasi terjadinya konvoi dan corat-coret yang tidak bermanfaat saat pengumuman kelulusan. MUHDASA menawarkan program khusus kelas 9 pasca kegiatan UN 2016 agar kegiatan siswa lebih terarah. Berbagai program ditawarkan seperti bimbingan karir di bawah koordinator Bimbingan Konseling untuk memberi fasilitas siswa dalam mempermudah dalam memilih sekolah dan jurusan yang tepat sesuai dengan minat. Konsultasi dibuka setiap hari dari pukul 08.00 s.d. 14.00 WIB. Selain itu, pengumpulan seragam dan buku layak pakai dilakukan sebagai upaya untuk menumbuhkan kepekaan sosial siswa dan belajar berbagi kebahagiaan dengan orang yang lebih membutuhkan. Seragam dan buku nantinya akan disalurkan dalam kegiatan bakti sosial.

Pengumuman UN pada tanggal 11 Juni 2016 telah memasuki bulan Puasa sehingga MUHDASA menyelenggarakan kegiatan ‘Purna Siswa’ sebelum pengumuman (22/5). Kegiatan purna siswa tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebagai bentuk rasa syukur atas kelulusan, siswa diarahkan pada kegiatan ‘Tadabur Alam’ di Pantai Indrayanti Gungungkidul. Acara purna siswa di alam tidak mengurangi kekhidmatan ketika purna siswa dilaksanakan di gedung. Setelah menempuh perjanalan kurang lebih 2 jam, kami disambut angin dan deburan ombak, kami segera menuju pendopo. Acara didesain sederhana, tetapi bermakna. Acara inti purna siswa adalah simbolis penyerahan kembali siswa dari sekolah kepada orang tua/ wali siswa yang diwakili Drs. Endra Widyarsono selaku Kepala SMP MUHDASA kepada Ketua Komite MUHDASA sebagai perwakilan orang tua/ wali siswa.

Suasana purna siswa SMP Muhdasa Yogya
Suasana purna siswa SMP Muhdasa Yogya

Acara semakin terasa hangat ketika ‘MUHDASA AWARD’ dibacakan. MUHDASA AWARD merupakan penghargaan kepada siswa berprestasi yang memenuhi kriteria selama menjadi siswa di MUHDASA. Riuh sorak sorai ketika dibacakan pemenang dari katagori siswa berprestasi akademik, siswa berprestasi non akademik, dan siswa hafalan Juz Amma terbaik. Tidak sampai di sini acara dilanjutkan dengan pemutaran video kenangan dari kelas 7 s.d kelas 9. Kegiatan ini sejenak dapat mencairkan kepenatan ketika mempersiapkan ujian yang cukup menguras tenaga. Acara ditutup dengan do’a dan acara santai untuk lebih mengenal alam.

Penerima Muhdasa Award

Pengumuman resmi UN SMP 2016 diumumkan pada hari Sabtu, 11 Juni 2016 diumumkan melalui website resmi MUHADA. Pengumuman yang dilaksanakan melalui website dilakukan untuk mengantisipasi kegiatan siswa ke arah negatif dengan bekerja sama dengan orang tua agar siswa tetap dalam pengawasan dan pengarahan. Alhamdulilah, perjuangan panjang berbuah manis. Ujian Nasional tahun pelajaran 2015/ 2016 MUHDASA berhasil meluluskan 100% siswa. Semoga langkah kalian selalu dalam kemudahan dan kesuksesan, AMIN. Selamat menempuh pendidikan di jenjang yang lebih tinggi dan selamat datang calon generasi prestasi dengan budi terpuji.

Siswa - siswi SMP Muhdasa Yogya yang lulus UN
Siswa – siswi SMP Muhdasa Yogya yang lulus UN


Kontributor : Adesti Nurmala Sely, S.Pd (Guru Bahasa Indonesia SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...

Artikel Terkait