PDMJOGJA.ORG – Wirobrajan, Setiap kegiatan sekolah merupakan wadah bagi pembinaan karakter kader persyarikatan Muhammadiyah. Dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan 1439 Hijriyah, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menggelar Pengajian Akbar dan Wisuda Tahfidzul Qur’an Angkatan 1 kategori Juz 29 dan Juz 30 bertemakan “Membangun Generasi Rabbani dengan Memuliakan Al-Qur’an” yang secara resmi dibuka oleh Bapak Berkah Beno Widodo, S.Pd., selaku Kepala SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta di Gedung Multiguna Siti Chadijah Unit II.

Wisuda Tahfidzul Qur’an Angkatan 1 kategori Juz 29 dan Juz 30 berfoto bersama dengan jajaran guru, kepala sekolah dan perwakilan PDM
Wisuda Tahfidzul Qur’an Angkatan 1 kategori Juz 29 dan Juz 30 berfoto bersama dengan jajaran guru, kepala sekolah dan perwakilan PDM

Acara pembukaan dihadiri oleh Ustadz Anan selaku Pemateri Pengajian Akbar, Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah PDM Kota Yogyakarta, Lembaga Pengembangan Pesantren PDM Kota Yogyakarta, Orang Tua/Wali Wisudawan/Wisudawati Tahfidzul Qur’an serta keluarga besar SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta.

Ibu Woro Kusumaningrum, S.Ag, selaku Ketua Panitia sekaligus Wakil Kepala Urusan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan memberikan laporan “Pengajian Akbar dan Wisuda Tahfidzul Qur’an diselenggarakan pada Senin, 14 Mei 2018 di Gedung Multiguna Siti Chadijah Unit II. Kegiatan ini diikuti sejumlah 15 peserta calon Wisudawan/Wisudawati dan sekitar 700 Orang Tamu Undangan beserta Keluarga Besar SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta. Kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan aqidah Islamiyah yang mapan dan membentuk akhlak kepemimpinan yang mulia.”

Sementara itu Bapak Berkah Beno Widodo, S.Pd., selaku Kepala SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menghimbau kepada seluruh peserta tamu undangan, “tetap menjaga ketertiban dalam mengikuti apapun kegiatan yang diselenggarakan oleh sekolah. Kita ambil pelajaran yang baik, khususnya untuk meyiapkan diri dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan sehingga kedepan kita termasuk orang-orang yang mendapatkan predikat Taqwa di sisi Allah Subhanahu Wata’ala,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut dalam sambutan Bapak Ghofar Ismail, M.A., selaku Ketua Lembaga Pengembangan Pesantren PDM Kota Yogyakarta menyampaikan “Satu, mewakili PDM Kota Yogyakarta mengapresiasi setinggi-tingginya atas terselenggaranya kegiatan ini. Kedua, mengucapkan selamat kepada Wisudawan/Wisudawati Tahfidzul Qur’an Angkatan 1 atas pencapaiannya, semoga kegiatan semacam ini dapat mendatangkan motivasi bagi orang-orang yang berada di sekitar kalian dan program ini dapat berlanjut juga pada periode mendatang.”

SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta menjadi salah satu pillloting program Bustanul Qur’an berusaha untuk mengelola dengan baik kegiatan tilawah, tahsin, tahfiz dan tafhim. Program tahfiz di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta tahun pelajaran 2017/2018 terbagi menjadi dua yaitu program reguler dan program khusus. Program reguler adalah program tahfiz yang masuk dalam kegiatan intrakurikuler dan diikuti oleh seluruh Siswa Kelas X. Sedangkan progam khusus adalah program tahfiz yang masuk dalam kegiatan ekstrakurikuler dan diikuti oleh beberapa Siswa Kelas X, XI, dan XII.

Program khusus diikuti oleh Siswa/i yang sudah mempunyai hafalan Juz 30 atau lebih dan mempunyai keinginan untuk menghafalkan Al-Qur’an. Pada akhir tahun pelajaran ini, SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta dapat mewisuda 15 Siswa/i yang mengikuti program ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an yang dilaksanakan pada setiap pekannya.

Adapun daftar nama Wisudawan/Wisudawati Tahfidzul Qur’an Angkatan 1 Tahun 2018, yaitu  Aminatuzzahro, Yasmin Syarifah Al-Husna, Bima Surya Pratama, Zahran Rabbani Arya Sarya, Adewiah Sadat, Rifda Salsabila Alzena, Dea Hafiz Finiagara, Muhammad Andrian Hirji, Dewi Mustika Rahma, Reqyan Balannabi, Luluk Sabrina Aziz, Zaky Abilawa Sukma, Muthia Shabrina, Ardimas Rafiansyach Al-Ghifari dan Muhammad Fathan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Tolong masukkan komentar anda
Tolong masukkan nama anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.