Mengenal Obat Asam Urat

Penulis : Dewi Sekar Arum Kartika, Apt
Penulis : Dewi Sekar Arum Kartika, Apt (Apoteker Apotek Enggal Saras)

Asam urat atau biasa disebut artritis gout adalah penyakit yang ditandai dengan rasa sakit dibagian persendian. Nyeri ini biasanya terjadi pada malam hari atau pagi hari saat bangun tidur. Sendi yang terkena asam urat biasanya terlihat kemerahan, bengkak dan menimbulkan rasa sakit yang luar biasa. Asam urat sendiri diekskresi dari tubuh melalui saluran pencernaan dan ginjal. Saluran pencernaan mengekskresi sekitar 20-30% asam urat sisanya di ekskresikan melaluai ginjal dan dikeluarkan bersama dengan urin. Asam urat dapat terjadi karena kadar asam urat dalam darah melebihi batas normal. Sebenarnya pada saat tubuh kita normal, asam urat digunakan  untuk pembentukan inti sel didalam tubuh, karna kondisi tertentu kelebihan asam urat ini lah yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Nilai normal kadar asam urat dalam darah adalah 3,0 – 7,0 mg/dl untuk laki-laki dan 2,2- 5,7 mg/dl untuk wanita oleh sebab itulah  asam urat lebih sering terjadi pada laki-laki, terutama karena wanita cenderung memiliki kadar asam urat yang lebih rendah. 

Asam urat dapat disebabkan dua faktor utama yaitu tingginya produksi kadar asam urat yang berlebihan didalam tubuh dan penurunan ekskresi asam urat dalam ginjal. Kadar asam urat yang tinggi di dalam tubuh dapat disebabkan oleh konsumsi makanan mengandung purin secara berlebih seperti daging, jeroan,kepiting, kerang, kacang kacangan. Tidak hanya itu penggunaan obat-obatan seperti deuretik (contohnya Furesemid), aspirin dosis rendah, Pirazinamid, etambutol dan sefalosporin dapat menurunkan sekresi asam urat akibatnya kadar asam urat didalam tubuh meningkat biasanya  terjadi karena faktor genetk.

Terapi pengobatan asam urat harus berdasarkan pemeriksaan terlebih dahulu, salah satu contohnya dengan melakukan pengecekan kadar asam urat didalam darah.  Manajemen terapi pengobatan asam urat dibedakan berdasarkan asam urat akut dan asam urat kronik. Perbedaan ini akan mempengaruhi tujuan dari terapi pengobatan.

Obat Asam Urat Akut

Asam urat akut tujuan pengobatanya yaitu menekan peradangan dan pengendalian rasa sakit. Pengobatan nyeri dan peradangan dapat di capai dengan obat NSAID (nonsteroidal anti-inflammatory drugs / Obat Anti Inflamasi Non Steroid), kolkisin dan kortikosteroid. Pilihan pengobatan yang tepat harus berdasarkan dengan kondisi medis pasien, obat-obatan lain dan profil efek samping obat.

Contoh obat yang termasuk dalam NSAID adalah Ibuprofen, Naproxen, indometasin, diklofenak dan masih banyak lagi.  Tentunya pemilihan obat NSAID harus didasarkan pada profil keamanan obat itu yang sesuai dengan pasien. NSAID mempunyai mekanisme menghambat enzim COX dan menurunkan produksi prostaglandin. Penghambatan terhadap enzim COX-2 akan mengurangi rasa nyeri yaitu sebagai analgesik dan anti-peradangan.

Namun, harus kita ketahui juga didalam lambung prostandin berperan dalam melapisi mukosa lambung dan pembekuan, sehingga penggunaan NSAID harus diberikan sesudah makan untuk mencegah terjadinya gangguan lambung seperti rasa perih dan terbakar.

Begitupun dengan obat kortikosteroid obat ini dapat diberikan melalui injeksi ke dalam sendi atau diberikan secara oral contoh obat kortikosteroid adalah methyl prednisolone, pednisolon, dexamethasone, Triamcinolone acetonide. Prednisolon dapat diberikan 20 -40 mg setiap hari setelah makan selama 5 hari.

Obat kortikosteroid tidak dianjurkan untuk pengunaan jangka panjang karena dapat menyebabkan berbagai efek samping contohnya seperti gangguan keseimbangan cairan dan elektrolit (moon face), osteoporosis, gangguan pertumbuhan pada anak.

Obat Asam Urat Kronik

Asam urat kronik tujuan pengobatanya yaitu selain menekan peradangan dan pengendalian rasa sakit juga menurunkan kadar asam urat sampai pada batas normal.

Allupurinol merupakan pilihan terapi utama sebagai agen terapi penurun asam urat. Obat ini ditolerir dengan baik didalam tubuh. Allopurinol bekerja dengan cara menghambat xantin oksidase yaitu enzim yang berperan dalam pembentukan asam urat sehingga kadar asam urat didalam darah menurun dan ekskresi didalam ginjal meningkat. Obat ini dapat dimulai dari dosis rendah yaitu 100 mg setiap hari pada malam hari selama 10- 14 hari.

 Efek Samping: paling umum adalah gangguan lambung, Ruam kulit dapat terjadi hingga 10% orang yang menggunakan allopurinol.

Mengenal Obat Asam Urat
Allupurinol adalah salah satu obat terapi asam urat kronis

Pilihan terapi yang kedua adalah Febuxostat dengan dosis awal 80 mg sehari sekali tetapi dimulai dari dosis 40 mg selama 4 minggu, jika blum terjadi perubahan dosis dapat ditingkatkan menjadi 80 mg sehari sekali. Dosis maksimal Febuxostat 120 mg sehari sekali.

Sama seperti allopurinol obat ini memiliki efek samping gangguan lambung, reaksi hipersensitivitas serius, termasuk sindrom Stevens-johnson dan reaksi anafilaktoid / syok akut.

Pengobatan diatas adalah beberapa contoh obat yang digunakan untuk menurunkan asam urat. Segeralah konsultasi ke dokter jika mengalami gejala seperti diatas agar dilakukan pemeriksaan dini. Tidak hanya itu melakukan perubahan gaya hidup  menjadi lebih sehat juga akan membantu kita agar terhindar penyakit asam urat

Artikel ini pernah dimuat di Rubrik Kesehatan Majalah Mentari Bulan 10 Tahun 2018, dimuat kembali untuk tujuan dakwah

Gambar Mengenal Obat Asam Urat
Jurnalis Jamaah
Jamaah Muhammadiyah (pimpinan, anggota, simpatisan dan pegawai) yang mengirim artikel dan berita ke redaksi Majalah Mentari dan PDMJOGJA.ORG. Artikel dan berita ini ditulis oleh penulis lepas / kontributor tidak tetap | Artikel dan berita yang ditulis adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi. Untuk mengirim tulisan silahkan kunjungi link berikut : pdmjogja.org/kirim-tulisan/.

UPDATE

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...