Melalui Pentas Seni, SD Muhammadiyah Pakel Tanamkan Karakter Percaya Diri Siswa

“Memberi kesempatan kepada anak untuk pentas di atas panggung adalah salah satu cara menumbuhkan karakter percaya diri dalam diri mereka. Sebab mereka merasa dihargai sehingga akan bangga terhadap kemampuan yang dimiliki. Harapannya mereka akan semakin giat belajar untuk mengejar cita-citanya,” kata Dahuri selaku humas sekolah.

PDMJOGJA.ORG – Umbulharjo, Semarak Gebyar Milad SD Muhammadiyah Pakel Program Plus (MP3) ke-51 semakin meriah saat acara jalan sehat dan sepeda hias mulai dibuka oleh Bapak H. Mursih Haryono, BA selaku PCM Umbulharjo. Kegiatan tersebut berpusat di komplek masjid Mataram dan sepanjang jalan Pakel Baru. Acara dimulai dari jam 06:30 WIB dengan jalan sehat dan sepeda hias kemudian dilanjutkan peresmian gedung baru.

Saat peresmian gedung baru semua tamu VIP diarak ke gedung baru unit 3 untuk melihat proses pengguntingan pita dilanjutkan dengan ramah-tamah. Sedangkan peserta lainnya tetap di komplek Masjid Mataram pada tenda panggung utama untuk menyaksikan pentas seni dan pembagian hadiah.

Selain 3 kegiatan diatas juga dilaksanakan aksi donor darah dan pemeriksaan kesehatan gratis di UKS dan ruang kelas 1 SD; dan pentas seni yang menampilan berbagai atraksi anak-anak seperti PKS (Patroli Keamanan sekolah), Drumband, Mayoret, Tari, Tapak Suci, Hizbul Wathan, Pidato Bahasa Arab dan Tahfidz.

Antusiasme anak-anak sangat terlihat saat penampilan pertama dari tim PKS dalam pra acara. Tim PKS menampilkan beberapa atraksi diantaranya senam lalu lintas, 12 gerakan lalu lintas serta yel-yel keselamatan berlalu lintas. Tamu undangan juga menikmati penampilan anak-anak, hal ini terlihat dari wajah para tamu undangan yang merasa bangga dan senang telah memenuhi undangan acara tersebut.

Suasana haru juga muncul saat beberapa perwakilan anak-anak kelas 3 dan 4 menghafalkan surat Al Mursalat (Juz 29) dalam acara pembukaan acara. Maka pada sambutannya, ketua PDM Yogyakarta Bapak H. Akhid Widi Rahmanto mengatakan bangga dengan SD Muhammadiyah Pakel karena semakin maju berkembang. “Semoga kelak lulusan dari SD Muhammadiyah Pakel bermanfaat bagi masyarakat luas.” ucap beliau. Disamping itu beliau berpesan bahwa dengan adanya lima hari sekolah maka waktu 2 hari di rumah dapat digunakan untuk mendekatkan diri antara anak dan orang tua.

Berbagai penampilan anak telah disuguhkan kepada para tamu undangan. Disela-sela penampilan mereka dibagikan ratusan hadiah. Sedangkan hadiah utama merupakan sumbangan dari mas Hanafi Rais berupa Kulkas 2 pintu dan mesin cuci.

“Memberi kesempatan kepada anak untuk pentas di atas panggung adalah salah satu cara menumbuhkan karakter percaya diri dalam diri mereka. Sebab mereka merasa dihargai sehingga akan bangga terhadap kemampuan yang dimiliki. Harapannya mereka akan semakin giat belajar untuk mengejar cita-citanya,” kata Dahuri selaku humas sekolah.

Tim Drumband yang siap menyambut tamu undangan berjajar di sepanjang jalan Pakel baru menuju Gedung Baru SD unit 3. Suara menggelegar saling sahut-menyahut membentuk ritme lagu indah saat tamu undangan siap menyaksikan peresmian gedung baru. Tak ketinggalan Bapak Dahlan Rais dari Pimpinan Pusat Muhammdiyah serta Bapak Heru Purwadi selaku wakil Walikota Yogyakarta menikmati penampilan dari tim Drumband.

Tim drumband SD Muhammadiyah Pakel
Tim drumband SD Muhammadiyah Pakel

“Sekolah Muhammdiyah harus memiliki keunggulan yang berbeda dengan sekolah lain, sehingga para orangtua akan semakin antusias untuk menyekolahkan putra/putrinya di sekolah-sekolah Muhammadiyah” kata Heru Purwadi wakil walikota Yogyakarta saat memberikan sambutan.

Pada akhir acara sebelum penutupan, tiba-tiba ada seorang anak perempuan yang menyumbangkan sebuah lagu “Assaalaamu’alaika”. Anak yang ternyata memiliki keterbatasan penglihatan tersebut merupakan kakak dari siswa kelas 2C.

“Kegiatan ini adalah bagian dari program sekolah untuk menggali dan menanamkan karakter percaya diri anak sehingga berani tampil di depan umum. Anak-anak ketika memiliki kemampuan dan berani tampil di depan, maka ke depan diharapkan mereka semakin mampu bersaing mengikuti tantangan zaman” kata Rani Hidayatun selaku pantia milad sekolah.

Maka dengan berbagai kegiatan tersebut, ada beberapa manfaat yang dapat diambil dari penampilan anak-anak, yaitu:

  1. Tumbuhnya rasa percaya diri pada anak
  2. Siswa akan berlomba menggali potensi dirinya masing-masing
  3. Adanya rasa penghargaan terhadap diri anak atas kemampuannya
  4. Menjadi kebanggaan tersendiri pada diri anak

Kontributor : M. Rouf Dahuri (Staff Pendidik SD Muh. Pakel)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...

Artikel Terkait