Ketahui Kandungan Gizi Daging dan Hal Yang Harus Dibatasi Saat Hari Raya Qurban

Penulis : Nur Mukhkhlishoh Majidah, S.Gz
Penulis : Nur Mukhkhlishoh Majidah, S.Gz (Kader Muhammadiyah di Nitikan)

Hari Raya Idul Adha atau biasa disebut Hari Raya Kurban adalah hari dimana semua umat muslim di dunia merayakan dengan menyembelih hewan kurban. Bagi orang yang mampu, dianjurkan untuk berkurban unta, sapi ataupun kambing. Dan di Indonesia lebih familiar dengan berkurban sapi atau kambing. Dengan adanya hari raya kurban ini, Islam mengajarkan kepada kita untuk saling berbagi. Dari banyaknya daging hewan kurban yang kita dapatkan, terkadang kita melupakan bahwa konsumsi daging ada batasannya. Biasanya masyarakat Indonesia akan mengkonsumsi daging hingga berhari-hari dalam jumlah yang banyak. Apakah itu baik bagi kesehatan?

Daging merupakan sumber protein hewani. Biasanya digunakan dalam lauk, 1 potong daging dengan berat 50 gram mengandung energi 95 kkal, 10 gram protein dan 6 gram lemak dan kandungan tersebut setara dengan :

Bahan MakananBerat (gram)Ukuran Rumah Tangga
Hati sapi501 ptg sdg
Babat602 ptg sdg
Usus Sapi753 bulatan
Daging Kambing601 ptg sdg

Protein merupakan zat pembangun yang berfungsi sebagai sumber energi, pembentukan dan perbaikan sel dalam jaringan tubuh, sebagai sintesis hormon, enzim dan antibodi, mengatur keseimbangan asam basa, dan sebagai cadangan makanan. Salah satu sumber protein ada pada daging. Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG), kebutuhan protein (dalam satuan gram) sebagai berikut :

UmurLaki-laki (gram)Perempuan (gram)
Bayi 7-11 bulan1818
Anak 1-3 tahun2626
Anak 4-6 tahun3535
Anak 7-9 tahun4949
10-12 tahun5660
12-15 tahun7269
16-18 tahun6659
19-28 tahun6256
30-49 tahun6557
50-64 tahun6557
65-80 tahun6256
>80 tahun6055

Dari data diatas dapat dirata-rata kebutuhan protein dalam sehari bagi anak-anak sebanyak 1-2 potong lauk hewani, remaja dan orang dewasa sebanyak 3 potong lauk hewani. Kebutuhan protein dalam lauk hewani sudah disesuaikan dikarenakan kebutuhan protein bukan hanya bersumber pada lauk hewani melainkan dari lauk nabati seperti kacang-kacangan, tahu, tempe, bahan makanan pokok dan sayur. Dapat dibayangkan apabila konsumsi daging melebihi batas, protein yang berlebih akan disimpan dalam bentuk trigliserida/lemak. Selain itu kelebihan daging juga akan menyumbang banyak kolesterol. Batas kebutuhan kolesterol pada anak adalah kurang dari 170 mg/hari sedangkan pada remaja dan orang dewasa kurang dari 200 mg/hari. Dikutip dari jurnal gizi internasional (Dietitians of Canada) kandungan kolesterol yang terdapat dalam daging sebagai berikut :

Bahan MakananBeratJumlah kolesterol (mg)
Daging sapi muda75 g76-118
Kambing/domba75 g36-99
Daging sapi75 g46-74
Ginjal (sapi, kambing)75 g360-593
Hati kambing/domba75 g370-423
Hati sapi75 g266-297

Dapat disimpulkan bahwa konsumsi daging ada batasannya, jangan sampai terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi danging. Rasulullah SAW menganjurkan kepada kita untuk tidak berlebihan dalam makan, Ia bersabda “Makanlah sebelum lapar dan berhentilah sebelum kenyang”. Sehingga dalam momen ini harusnya kita dapat mengatur dan membatasi konsumsi daging sebelum “berlebihan”. Apabila konsumsi yang terlalu banyak, kolesterol yang menumpuk akan menjadi plak dalam waktu yang lama dan dapat menyumbat pembuluh darah. Penyumbatan tersebut berdampak pada kesehatan, salah satunya adalah Penyakit Jantung Koroner (PJK).

Gambar Ketahui Kandungan Gizi Daging dan Hal Yang Harus Dibatasi Saat Hari Raya Qurban
Apabila konsumsi DAGING terlalu banyak, kolesterol yang menumpuk akan menjadi plak dalam waktu yang lama dan dapat menyumbat pembuluh darah (Sumber gambar : klik disini)

Bagaimana cara mengatasi tingginya kadar kolesterol? Yaitu dengan cara mengimbangi dengan makan pokok, sayur dan buah. Sayur dan buah adalah sumber vitamin, mineral dan serat yang mengandung banyak antioksidan dan dapat menurangi kadar kolesterol dalam darah. Selain makan makanan yang bergizi, harus diimbangi dengan olah raga yang teratur. 

Bagaimana jika daging yang didapatkan banyak dan tidak dapat langsung dihabiskan? Apabila mendapatkan daging kurban yang banyak, sebaiknya disimpan atau diawetkan. Daging dapat disimpan dalam lemari pendingin atau freezer. Cara penyimpanan daging pada lemari pendingin atau freezer sebagai berikut :

  1. Daging dikemas dalam wadah/kantong yang bersih dan tertutup
  2. Daging dan jeroan dikemas terpisah
  3. Daging dipisahkan dari makanan lain
  4. Daging yang telah dimasak dipisahkan dari daging yang mentah atau bahan mentah lain
  5. Dinginkan daging sesegera mungkin
  6. Simpan daging dalam kulkas pada tempat khusus daging
  7. Masa simpan daging dalam kulkas terbatas (daging akan tetap rusak dan busuk)
  8. Masa simpan daging dalam kulkas yang dianjurkan :
Jenis DagingSuhuMasa Simpan
Daging segar0-53-7 hari
Daging giling0-51-2 hari
* Penyimpanan yang melebihi waktu lama akan mengubah struktur dan kandungan dalam daging.

Lalu bagaimana jika konsumsi daging sudah melebihi batas? Biasanya orang-orang akan menghiraukan makanan yang ia konsumsi dikarenanakan terbawa oleh nafsu dan suasana lebaran. Maka mulailah dengan gaya hidup sehat. Perbanyak konsumsi sayur dan buah, batasi penggunaan gula, garam dan penyedap makanan. Karena didalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Artikel ini pernah dimuat di Rubrik Kesehatan Majalah Mentari Bulan 8 Tahun 2018, dimuat kembali untuk tujuan dakwah

Gambar Ketahui Kandungan Gizi Daging dan Hal Yang Harus Dibatasi Saat Hari Raya Qurban
Jurnalis Jamaah
Jamaah Muhammadiyah (pimpinan, anggota, simpatisan dan pegawai) yang mengirim artikel dan berita ke redaksi Majalah Mentari dan PDMJOGJA.ORG. Artikel dan berita ini ditulis oleh penulis lepas / kontributor tidak tetap | Artikel dan berita yang ditulis adalah tanggungjawab penulis seperti tertera, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi. Untuk mengirim tulisan silahkan kunjungi link berikut : pdmjogja.org/kirim-tulisan/.

UPDATE

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...