Kembalikan Hak Kepada Pemiliknya

PDMJOJGA.ORG – Pakualaman, Hak dan Kewajiban merupakan dua komponen yang selalu melekat pada kehidupan seseorang. Dalam kehidupan, tatanan masyarakat akan menjadi harmonis ketika hak dan kewajiban dipahami secara proporsional.

image

Begitu pentingnya kemampuan dalam menempatkan dua komponen tersebut hingga, Ibnu Qoyyim al Jauziyah mengkaitkan dua hal tersebut dengan diterimanya taubat seseorang.

Topik tentang pemenuhan hak seseorang kepada orang lain tersebut menjadi pokok bahasan dalam pengajian baitul hikmah yg diasuh oleh Drs. Muhsin Haryanto, M.A. Ahad (1/5/2016).

image

Dalam uraiannya beliau mengutarakan bahwa sekecil apapun diri kita memakan hak orang lain, hal itu akan menghambat diri kita untuk mendapatkan hak kita dari Allah, antara lain maghfirah (ampunan) dan rahmah-Nya, baik di dunia maupun di akhirat.

Pak Mukhsin mengutip ungkapan Ibnu Qayyim al-Jauziyyah dalam kitab Madarijus Salikin, taubat memang telah dijamin Allah untuk diterima tetapi ampuna Allah juga terkait dg interaksi diri kita dengan  sesama makhluk Allah termasuk relasi sosial dan interpersonal kita.

image

Kajian baitul hikmah adalah pengajian rutin setiap hari ahad pukul 19.30 yang diselenggarakan oleh LHKP PDM Kota Yogyakarta di aula kantor PDM jl. Sultan Agung 14 Yogyakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Artikel Terbaru

Komitmen

Apakah berorganisasi perlu komitmen? Tentu. Dengan adanya komitmen, organisasi akan selalu terjaga dari marwahnya. Bahkan dengan komitmen antara pimpinan...

Bahasa Komunikasi Dakwah (Guyon Ning Maton)

Dakwah merupakan titah agama untuk setiap pemeluknya dijalankan  secara perorangan maupun lembaga. Dakwah merupakan misi utama dari setiap nabi dan...

Inilah Visi (Kader)

Suatu hari ada tugas mata pelajaran Kemuhammadiyahan untuk siswa siswi kelas 9. Mata pelajaran yang saya ampu di...

Menanamkan Percaya Diri Pada Anak

Percaya diri merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan. Tanpa percaya diri, seseorang akan mengalami berbagai masalah termasuk...

Akreditasi Organisasi

Beberapa bulan terakhir ini, sekolah di lingkungan Kota Yogyakarta disibukkan dengan akreditasi. Sekolah negeri maupun swasta, tak terkecuali sekolah...

Artikel Terkait